RSS
Facebook
Twitter

Macam-Macam Kebudayaan di Indonesia

Macam-Macam Kebudayaan di Indonesia -Selamat malam kawan, semoga kalian baik-baik saja. Kali ini saya mau memposting mengenai macam-macam budaya Indonesia, kalian pasti tahu kan kalau Indonesia kaya akan kebudayaannya. Mengapa bisa? Karena Indonesia terdari dari ribuan pulau, suku, bahasa, dan adat. Langsung saja saya beberkan,

1. Tari tradisional
Siapa sih yang tak tahu dengan yang namanya tari? Tari adalah gerakan tubuh yang menimbulkan keindahan baik bagi dirinya maupun bagi orang lain. Nah, Indonesia adalah gudangnya tari tradisional, mulai dari tari Saman dari Aceh, tari Pendet dari Bali, sampai tari Reog Ponorogo dari Jawa Timur, dan menurut saya tarian tradisional Indonesia bagus semua dan tidak ada tandingannya.
tari kecak Bali Indonesia

2. Rumah adat
Yang satu ini juga tak bisa dilepaskan dari kebudayaan Indonesia, rumah adat menjadi tempat bagi berlindungnya para pencipta kebudayaan alias bangsa Indonesia. Rumah adat pun ternyata memiliki bentuk yang berbeda di tiap daerahnya, mulai dari bentuk, fungsi, hingga bahan pembatannya semuanya berbeda. Contohnya ialah rumah adat Sulawesi Selatan "Tongkonan", rumah adat Sumatera Barat "Gadang", dan rumah adat Jawa Tengah "Joglo".

rumah adat tongkonan sulawesi selatan indonesia

3. Lagu tradisional/daerah
Lagu daerah adalah lagu khas daerah tertentu yang memakai bahasa daerah tersebut, biasanya lagu daerah bertemakan cerita-cerita yang pernah terjadi di daerah tersebut. Dan sama seperti macam-macam kebudayaan lainnya, tiap daerah punya lagu daerah yang berbeda. Contoh lagu daerah adalah lagu daerah Kaliman Selatan "Ampar-Ampar Pisang", lagu daerah Maluku "Sio Tantina", lagu daerah Jawa Barat "Cing Cangkeling", dan lagu daerah lainnya.

4. Alat musik tradisional
Jika ada lagu maka ada instrumennya, alat musik tradisional di Indonesia umumnya memakai bambu, kayu, ataupun kulit, namun ada juga yang memakai logam sebagai bahan dasarnya seperti alat musik tradisional Gamelan dari Jawa dan Bali, alat musik tradisional Angklung dari Jawa Barat, dan alat musik tradisional Tifa dari Papua dan Maluku.

alat musik tifa papua maluku indonesia

5. Senjata tradisional
Dulu sebelum Indonesia merdeka orang-orang memakai senjata tadisional untuk berburu maupun berperang baik antar saudara maupun melawan penjajah, namun kini kebanyak senjata ini sudah diistirahatkan dan lebih dijadikan sebagai alat upacara adat seperti Keris dari Jawa Tengah, selain itu ada Kujang dari Jawa Barat, Clurit dari Jawa Timur, dan masih banyak lagi.

senjata tradisional kujang jawa barat

6. Baju adat
Pernahkan kalian memakai baju adat? Misal saat ada acara pernikahan adat, ataupun acara sekolah seperti hari kartini? Jika pernah maka kalian wajib bangga dengan baju adat ya, karena baju adat di Indonesia jumlahnya sangat banyak, dan juga beraneka ragam bentuk, motif, dan warnanya. Contoh baju adat adalah Koteka dari Papua (untuk pria), dan Kebaya dari Jawa (untuk wanita).

baju adat kebaya jawa indonesia

Selain itu masih ada banyak lagi bentuk kebudayaan yang berasal dari Indonesia seperti dongeng, legenda, cerita rakyat, makanan, dll. Karena kalau saya bahas semuanya, mungkin tak akan cukup baik waktu maupun tempat karena kebudayaan Indonesia jumlahnya ada puluhan ribu dan sangat bervariatif, sekali lagi pesan dari saya adalah bangga jadi bangsa Indonesia dan lestarikan selalu kebudayaan kita dimanapun kapanpun.

Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Macam-Macam Kebudayaan di Indonesia, semoga bermanfaat.



Artikel Terkait:

BERLANGGANAN ARTIKEL DI SINI

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

  • TRANSLATE