RSS
Facebook
Twitter

Sitkom yang Tak Termakan Zaman

Sitkom yang Tak Termakan Zaman -Hai kawan! Pernah nonton bajaj bajuri di trans tv yang tayang pada tahun 2002? Menurut saya saya bajaj bajuri adalah acara komedi terlucu dibanding acara komedi sekarang yang terkesan berlebihan, nah acara komedi tersebut dinamakan situasi komedi/komedi situasi yang biasa disingkat sitkom. 

mr bean

Oh ya, apa itu sitkom? Sitkom adalah tayangan drama yang didominasi unsur humor, namun tak jarang dimasukkan unsur percintaan, persahabatan, dll. Sitkom diambil dari bahasa Inggris "sitcom" yang artinya juga sama. Sitkom memiliki ciri-ciri sebagai berikut yaitu:
  • Latar belakang yang sama
  • Tokoh yang sama
  • Alur cerita kebanyakan alur maju
  • Cerita diambil berdasarkan kehidupan sehari-hari sang tokoh yang dibumbui selera humor
  • Adegan kebanyakan dilakukan di dalam studio alias indoor. 
  • Biasanya sitkom ditayangkan sekitar 20-30 menit (tidak termasuk iklan)
  • Saat ada adegan lucu, akan diputarkan suara orang tertawa untuk menambah suasana humor
Ternyata trans tv yang sukses menelurkan sitkom bajaj bajuri mencoba peruntungan dengan mengeluarkan sitkom-sitkom lainnya, berikut adalah 3 sitkom keluaran trans tv,

1. Bajaj Bajuri 
Di tayangkan pada tahun 2002 di trans tv, antv, dan sctv adalah sitkom yang berlatar belakang
kehidupan sederhana seorang Bajuri si penarik bajaj dan istrinya Oneng pemilik salon kecil-kecilan serta emaknya Oneng. Sebenarnya kehidupan si Bajuri menurut saya tidak sesatir yang dibayangkan, tetapi kelakukan konyol dari Oneng, emak, dan tetangga yang suka buat ulah, membuat sitkom ini sukses berat ketika ditayangkan pada 2002.

Bajaj Bajuri trans tv

2. Suami-Suami Takut Istri
Sitkom yang ditayangkan pada 2007 ini lebih menyasar segmen remaja dan dewasa, mengapa? Karena sitkom ini berlatarkan percintaan, permusuhan, dan tentu saja humor. Sesuai namanya para suami di kompleks memiliki kehidupan yang sama yaitu sering diatur-atur oleh sang istri sehingga mereka berkomplot untuk melawan kesemena-menaan sang istri. Namun, sang istri juga tak mau kalah dan ikut berkomplot pula, adu mulut pun sering berlangsung di sitkom satir yang satu ini.

Komedi Sutuasi SUAMI-SUAMI TAKUT ISTRI TRANS TV

3. Kontrakan Tiga Pintu
Kalian pasti sudah tahu kan sitkom yang ini? Tayang di 2013, berlatarkan kehidupan di 3 kontrakan, kalau menurut saya sih komedi jaman sekarang cenderung garing (maaf bukan maksud menyinggung, hanya pendapat pribadi) tidak seperti dulu yang super satir. Tapi entahlah kalau menurut pendapat kalian beda, kita tunggu saja respon masyarakat tentang sitkom terbaru ini kedepannya.

kontrakan tiga pintu trans tv

Nah kan kita semua sudah tau pengertian, ciri, dan contoh sitkom. Sekarang saya mau membagi sitkom menjadi beberapa bagian yaitu:

1. Domestic comedy (komedi keluarga)
Adalah bentuk tayangan sitkom yang sering ditayangkan di Amerika, sitkom jenis ini mengedepankan konsep produksi TV Play, semuanya ditata dalam sebuah set di dalam studio (indoor) dan memakai aturan pertelevisian seperti teknik angel kamera, building set, durasi, dan peta pergerakan karakter. Teknik ini jelas membatasi adanya improvisasi yang ingin dilakukan tokoh, sehingga sedikit terkesan kaku.

2. Action comedy (komedi aksi)
Sesuai namanya, penonton akan lebih sering tertawa akan gerak-gerik/aksi sang tokoh ketimbang ucapan satir sang tokoh. Tidak mudah memang membuat penonton tertawa akan gerak-gerik konyol seseorang, yang justru terlihat mirip pantomim. Mr. Bean adalah salah satu action comedy tersukses sepanjang masa, dan hingga kini masih suka berseliweran di tv Indonesia walau sudah sangat jarang.

action comedy mr bean

3. Drama comedy
Komedi drama menggabungkan konsep drama dan sinetron, kebanyakan dibuat dengan durasi panjang atau disebut film, contohnya adalah Naga Bonar. Drama komedi merupakan bentuk sitkom yang paling sulit dibuat, karena membutuhkan tokoh yang memikat dan realistic, keunikan adegan dan tema, serta kekuatan dari skenario itu sendiri.
naga bonar

Nah, setelah membaca informasi mengenai salah satu bentuk seni hiburan fenomenal ini, masihkah anda tertarik dengan sitkom? Atau lebih tertarik dengan bentuk komedi lainnya? Tentu hanya kalian yang bisa menjawab, semoga Indonesia tidak kalah dengan Amerika dan Eropa yang sukses memproduksi sitkom-sitkom fenomenal, sekian...

Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Sitkom yang Tak Termakan Zaman, semoga bermanfaat.



Artikel Terkait:

BERLANGGANAN ARTIKEL DI SINI

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

  • TRANSLATE