RSS
Facebook
Twitter

Cara Membuat Lampu dari Botol Bekas

Cara Membuat Lampu dari Botol Bekas -Kita semua tahu bukan kalau bumi semakin lama semakin tercemar? Orang pun mulai berpikir bagaimana menciptakan kerajinan tangan yang ramah lingkungan alias hasil daur ulang. Ada banyak sekali bahan daur ulang yang bisa dipakai untuk kerajinan tangan, contohnya kardus, koran, plastik makanan, hingga botol plastik. Nah botol plastik ternyata bisa disulap menjadi lampu kamar yang cantik dan unik.

lampu botol kaca

Sebelum memulai membuat kreasi dari botol plastik, bahan dan alat yang kita perlukan saat membuat lampu botol adalah:

1. Botol plastik bekas yang sudah dibersihkan (bentuknya sesuai selera)
2. Kabel listrik
3. Lampu kecil (lampu cabai dan cupnya)
4. Cutter
5. Lem plastik
6. Cat semprot
Jika alat dan bahan sudah kita siapkan, langkah berikutnya adalah:

1. Potong bagian bawah botol plastik mengikuti bentuknya memakai cutter. Jika bentuknya bergelombang, maka ikuti saja bentuknya.
2. Lubangi bagian tengah bawah botol plastik yang sudah dipotong, untuk lubang kabel. Buat juga lubang di bagian tutup botol.
3. Rekatkan bagian bawah botol plastik yang sudah dipotong ke bagian tutup botolnya memakia lem. Sesuai letaknya dengan lubat yang sudah di buat di tutup botol 
4. Setelah sambungan kering dan kuat, kita bisa mewarna botol plastik dengan cat semprot dalam kemasan kaleng (contoh merek Pylox) atau dengan car minyak yang disemprotkan dengan semprotan nyamuk secara tipis-tipis (jangan terlalu tebal supaya cahaya lampu menimbulkan kesan remang-remang)
5. Bila car sudah kering, pasangkan lampu dan kabelnya. Rekatkan cup lampu dengan memakai lem pada bagian tutup botol supaya lebih kuat
6. Tambah beberapa ornamen atau hiasan sesuai selera kalian untuk mempercantik lampu botol bekas ini

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Selain mengasah kreativitas kita juga berkonribusi terhadap lingkungan alam ini. Jika masih bingung cara membuat lambu botol daur ulang bisa lihat tutorial gambarnya di bawah ini.

lampu botol plastik bekas

Selain memakai botol plastik, kalian juga bisa menggantikannya dengan botol kaca bekas. Oh ya, sudah siap melestarikan lingkungan mulai dari hal kreatif ini? Selamat mencoba membuat kreasi lampu botol daur ulang!

Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Cara Membuat Lampu dari Botol Bekas, semoga bermanfaat.



Artikel Terkait:

BERLANGGANAN ARTIKEL DI SINI

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

  • TRANSLATE