RSS
Facebook
Twitter

Contoh Karya Sastra Baru

Contoh Karya Sastra Baru -Sebelum kita mulai, saya ingin menjelaskan sedikit tentang karya sastra baru. Sastra baru atau modern adalah sastra yang terpengaruh budaya asing, sehingga mulai dari tema, latar, amanat, dsb berbau budaya asing. Berikut adalah contohnya:

1. Drama
Drama sebagai bentuk sastra memiliki bagian untuk dimainkan sang pemeran, drama dalam bahasa yunani berarti aksi dan perbuatan. Drama bisa diekspresikan di panggung, film, sinetron, dll dengann memadukan kesenian lain seperti seni tari dan seni musik (mirip opera).
Contoh: drama Laskar Pelangi

drama musikal laskar pelangi

2. Cerpen
Alias cerita pendek, biasanya dibuat untuk dibaca sekali duduk. Artinya, cerita ini memang benar-benar dibuat pendek sehingga dinamakan cerpen. Ciri utama cerpen adalah ceritanya tidak sampai mengubah nasib sang pelaku cerita, selain itu unsur instrinsik dan ekstrinksik yang terkadung umumnya sama dengan bentuk cerita lain.
Contoh: cerpen Li El di majalah Bobo.

3. Novel
Kalau yang satu ini bukan untuk dibaca sekali duduk, karena memang dibuat dengan banyak adegan dalam cerita. Ciri novel adalah biasanya nasib pelaku cerita bisa berubah (berbeda dengan cerpen). Sedang untuk unsur intrinsik dan ekstrinsik umumnya juga sama.
Contoh: novel Perahu Kertas.

4. Biografi
Bagi yang suka sejarah, pasti tahu apa itu biografi. Biografi adalah kumpulan kisah seorang tokoh (biasanya terkenal) dengan runut. Biografi tidak hanya menceritakan mengenai kapan dan dimana ia lahir serta meninggal, tapi juga tentang kisah masa lalunya seperti persahabatan dan percintaan.
Contoh: buku Habibie & Ainun.
buku habibie dan ainun

Oh ya, bagi yang belum tahu serta ingin tahu ciri-cirinya sastra baru, silahkan baca artikel saya yang berjudul Ciri Karya Sastra Baru. Semoga membantu.

Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Contoh Karya Sastra Baru, semoga bermanfaat.



Artikel Terkait:

BERLANGGANAN ARTIKEL DI SINI

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

  • TRANSLATE