RSS
Facebook
Twitter

7 Seniman Hebat Indonesia yang Go Internasional

7 Seniman Hebat Indonesia yang Go Internasional -Malam semuanya, dulu saya pernah singgung mengenai 4 Pelukis Paling Berpengaruh di Dunia. Kali ini saya mau bahas pelukis hebat asal Indonesia go Internasional. Dan ada 7 yang menurut saya yang sudah terbukti kehebatannya serta kepopulerannya di negara asing. Baiklah ini dia 7 pelukis hebat Indonesia go Internasional:

1. Raden Saleh
Pelukis yang satu ini mempelopori gerakan go internasional, dia sudah berkali-kali mondar-mandir ke Belanda, Austia, Prusia, dan Inggris dikarenakan kedekatannya dengan keluarga bangsawan di masing-masing negara. Dia mendapat banyak sekali penghargaan baik dari luar maupun dalam negeri, banyak karyanya dipajang di museum ternama Internasional seperti museum Louvre di Paris Perancis.

raden saleh pelukis indonesia
Foto Raden Saleh

Raden saleh penangkapan diponegoro
Lukisan Penangkapan Diponegoro karya Raden Saleh

2. Affandi Koesoema
Bisa dibilang Affandi adalah tokoh yang juga terkenal di Internasional, bagaimana tidak? Gaya ekspresionisnya dalam melukis benar-benar khas dan unik, Affandi sudah berkali-kali mengadakan pameran baik di Asia, Eropa, dan Amerika. Kurang lebih ada 2000 lukisan unik yang berhasil ia ciptakan, benar-benar pelukis produktif yang bahkan mengalahkan Joseph Haydn dengan ciptaan lagu klasiknya yang berjumlah sekitar seribuan. Dari sini kita bisa tahu kalau melukis tak selamanya susah dan butuh waktu lama.

affandi koesoema pelukis indonesia
Foto Affandi Koesoema

lukisan affandi koesoema
Lukisan Affandi Koesoema

3. Basoeki Abdullah
Dulu saya pernah berkunjung ke istana Bogor dan melihat banyak lukisan, saya pun sempat iseng memegangnya (jangan dicontoh). Ternyata lukisan tersebut kebanyakan karya Basuki Abdullah. Lukisannya bergaya realisme dan naturalisme, karya nya banyak dikoleksi baik di Indonesia maupun di luar negeri.
Foto Basoeki Abdoellah

Berkas:Basuki abdullah kakakdanadik.gif
Lukisan karya Basuki berjudul Kakak dan Adik

4. Eko Nugroho
Memang belum banyak yang tahu siapa dia, namun jika anda sedang memasuki galeri Luis Vuitton (butik baju, sepatu, tas, dll yang terkenal di dunia) di Paris Perancis dan menemukan galeri nya yang penuh dengan mural unik, maka Eko lah penciptanya. Dia memakai gaya komik dan memadukan unsur fantastis dalam karyanya, banyak karyanya sudah dipamerkan di dunia Internasional termasuk muralnya yang dipakai di gerai Luis Vuitton Paris Perancis.

eko nugroho pelukis indonesia
Foto Eko Nugroho

Mural di gerai Luis Vuitton Paris Perancis karya Eko Nugroho

5. S Teddy D
Seniman asal Padang ini bakat di bidang melukis, namun karyanya yang mencolok di negar tetangga adalah mengenai instalasi ukuran momental. Dia membuat sebuah instalasi momental berjudul Love Tank yang dipajang di museum Singapore Art tahun 2010. Karyanya menjulang tinggi sama dengan karirnya, banyak majalah Asia yang memperbincangkan karya uniknya ini.
S Teddy D
Foto S Teddy D

Love Tank singapore
Love Tank di Singapore Karya Teddy

6. Ay Tjoe Christine
Akhirnya ada juga wanita berbakat seni yang sudah go Internasional selain Agnes Monica, Ay terkenal di luar negeri khususnya Asia Tenggara. Karyanya memperhatikan estetika dalam pembuatannya sehingga karyanya terasa orisinil, personal, dan tidak terpengaruh trend. Banyak kolektor dan galeri seni kontemporer terpesona dengan karya Ay.

Ay Tjoe Christine
Foto Ay Tjoe Christine
Ay Tjoe Christine
Lukisan karya Ay Tjoe Christine

7. Angki Purbandono
Ia berasal dari Jogja dengan kemampuan seni yang menonjol di bidang seni scannography. Seni ini masih langka sehingga ia sering datang ke pameran di luar negeri maupun menggelar pameran sendiri. Namanya mulai tersohor di dunia Internasional semenjak ia belajar di Seoul Korea Selatan.

Angki Purbandono
Foto Angki Purbandono


Angki Purbandono
Karya Angki Purbandono

Nah tadi adalah 7 yang terbaik versi saya, sebenarnya masih ada ribuan seniman Indonesia yang bisa saja saya tulis di sini, namun rasanya 7 sudah cukup mewakili kebanggaan yang dimiliki Indonesia di bidang seni. Oh ya, ada yang mau atau sudah meneruskan jejak mereka? Semoga saja saya atau kalian semua bisa jadi penerusnya, siapa tahu jadi yang ke-8. Amin :)

Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul 7 Seniman Hebat yang Go Internasional, semoga bermanfaat.



Artikel Terkait:

BERLANGGANAN ARTIKEL DI SINI

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

  • TRANSLATE