RSS
Facebook
Twitter

Macam-Macam Teknik Membatik

Macam-Macam Teknik Membatik -Selamat malam kawanku  semua, ada yang punya batik di rumah? Kalau punya, saya mau tanya sedikit, taukah kamu teknik membuat batik? Kalau belum tahu langsung saja baca dibawah ini beberapa teknik membatik yang sudah lama ada dan dikenal di Nusantara, yaitu:

1. Membatik dengan canting tulis
Canting dipakai untuk membuat batik tulis, canting adalah alat yang terbuat dari tembaga yang berbentuk seperti corong, gunanya untuk menorehkan lilin ke kain batik sesuai pola yang sudah dibuat. Setelah itu, kain dicelupkan ke larutan pewarna. Nah, bagian yang tertupi lilin/malam akan membentuk polanya. Batik yang dibuat dengan teknik ini harganya sangat mahal, mengapa? Karena pembuatannya masih tradisional, susah untuk dibuat, dan butuh waktu lama. Saya pernah mencobanya waktu SMP dan memang benar kalau membatik tulis memakan waktu lama dan butuh kejelian dalam membuatnya.

membatik tulis dengan canting

2. Membatik dengan teknik cap
Sesuai namanya, cap menggantikan canting. Kelebihan dari batik cap adalah bentuknya rapi, pembuatannya cepat, sedangkan kelemahannya adalah biasanya batik cap hanya satu sisi kain saja yang motifnya muncul, beda dengan batik tulis yang dikedua sisi kain motifnya muncul. Canting cap biasanya berbentuk kepingan plat atau logam berbentuk gambar yang menonjol. Cap akan meninggalkan motif yang disebut klise, jika ditanya harga maka batik ini cocok untuk semua orang karena harganya terjangkau.


3. Membatik dengan teknik celup ikat
Teknik yang ini agak berbeda, mengapa? Karena tidak memakai lilin, caranya adalah kain diberi kelereng kemudian diikat dengan rafia atau karet sekencang-kencangnya, nah kelereng diletakkan sesuai pola, lalu celupkan kain. Setelah kering, buka ikatan dan terbentuklah pola lingkaran putih. Saya pernah mencobanya saat masih SD dan cukup mudah menurut saya.

teknik membatik ikat celup
Kain dibuntel sedemikian rupa dan diikat untuk memdapatkan motif tertentu

batik ikat celup 
Batik ikat celup
4. Membatik dengan teknik coletan
Kalau teknik ini saya yakin banyak yang bisa melakukannya, karena batik dibuat dengan cara dilukis sesuai pola memakai kuas, sehingga tidak menghasilkan klise. Kuas adalah alat yang berbentuk seperti sapu dalam ukuran mini, untuk mengusapkan warna ke atas kertas, besi, tembok, dll. Jadi teknik membatik coletan bisa disebut juga dengan melukis batik.

membatik teknik coletan

5. Membatik dengan teknik printing
Semakin modern zaman kita, makin modern pula alat-alatnya. Ya, sekarang banyak batik yang dibuat dengan teknik printing atau dicetak. Biasanya batik ini dibuat di pabrik testil untuk menghasilkan jumlah yang banyak namun dalam waktu singkat. Batik printing sering dibuat di Cina, sehingga Cina pun membuat tren yaitu batik Cina dengan teknik printing, yang kainnya berwarna cerah dan mencolok serta berkesan tak mudah luntur, dan murah harganya.

Nah, kira-kira kalian tertarik untuk memakai batik dengan teknik pembuatan yang mana? Kalau saya punya uang lebih sih saya lebih pilih batik tulis, karena sangat ciamik. Tapi batik cap pun sudah cukup cantik untuk melekat di pakaian saya. Terima kasih leluhur Nusantara sudah mewariskan budaya yang indah ini, semoga kita semua bisa mensyukuri dan melestarikannya...

Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Macam-Macam Teknik Membatik, semoga bermanfaat.



Artikel Terkait:

BERLANGGANAN ARTIKEL DI SINI

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

  • SHARE IT

  • TRANSLATE