RSS
Facebook
Twitter

Seni Ikebana yang Menawan

Seni Ikebana yang Menawan -Ikebana ialah seni merangkai bunga yang berasal dari Jepang, memiliki filosofi untuk mendekatkan manusia dengan alam. Ikebana mulai dipraktikan pada abad 7 M saat agama budha berkembang di Jepang. Awalnya ikebana digunakan untuk menghormati Budha, namun lama kelamaan dipakai sebagai sesajian bunga untuk arwah leluhur.

Dibawah ini adalah sebagian dari gaya tradisional ikebana:

1. Rikka
Bunga diatur berdiri tinggi dengan batang utama yang mendampingi 2 buah batang yang lebih pendek. Gaya rikka dikembangkan sebagai sebuah ekspresi penganut Budha akan keindahan alam.
gaya Rikka

2. Nageire 
Tangkai-tangkai nya diikat kuat-kuat sehingga membentuk rangkaian bunga asimetris yang berbentuk segitiga, digunakan khusus untuk mendekorasi ruangan upacara minum teh.
gaya Nageire

3. Shoka
Gaya penataannya lebih sederhana dan minimalis, sehingga kecantikan dari bunga lebih terpancarkan.
gaya Shoka

4. Jiyuka
Gaya ikebana yang satu ini membolehkan perangkainya bebas berekspresi, bahan apapun boleh dipakai dalam gaya ini selain bunga.
gaya Jiyuka

Seiring perkembangan zaman, gaya ikebana pun ikut menyesuaikan zaman. Berikut adalah gaya ikebana modern:

1. Moribana Tegak Lurus
Adalah gaya merangkai bunga paling mendasar dalam seni ikebana, moribana sendiri berarti bunga yang ditumpukkan. Gaya ini berkesan sedikit kaku.
moribana tegak lurus

2. Moribana Miring
Pada gaya ini, bunga dirangkai berdasar peletakannya di wadah atau berdasarkan bentuk rantingnya. Gaya ini berkesan lebih lembut.
moribana miring

3. Nageire Tegak Lurus
Bunga ditempatkan di sebuah wadah tinggi bermulut sempit (seperti vas), ini adalah bentuk ikebana sederhana yang hanya terdiri dari setangkai bunga.
nageire tegak lurus

4. Nageire Miring
Gaya ini menunjukkan fleksibilitas dan sentuhan lembut, cocok bagi pemula.
nageire miring

5. Nageire Mengalir 
Pada rangkaian ini tangkai utama menggantung lebih rendah dari bibir vas, bahan-bahan yang fleksibel akan menghasilkan efek yang indah berdampingan dengan bunga.
nageire mengalir

Seni ikebana bersifat sederhana dan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan juga murah, namun berkat kombinasi pemilihan tumbuhan yang tepat, warna, bentuk, maupun wadah menjadikan ikebana sebagai bentuk seni yang memikat dan bernilai seni tinggi. Ikebana berbeda dengan seni merangkai bunga dari barat yang hanya bersifat dekoratif dengan menggunakan beragam bunga dan media. 

Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Seni Ikebana yang Menawan, semoga bermanfaat.








Artikel Terkait:

BERLANGGANAN ARTIKEL DI SINI

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

  • TRANSLATE