RSS
Facebook
Twitter

Seni Rupa India

Seni Rupa India -India sebagai salah satu peradaban kuno di dunia tentunya memiliki beragam jenis kesenian yang dihasilkan, berikut adalah 3 bentuk kesenian dari India:

1. Seni lukis India
Seni lukis di India tidak terlalu berkembang karena yang paling menonjol adalah seni patung dan seni arsitekturnya, era Ayanta (abad 5 M) dipercaya sebagai era dimana seni lukis mengalami kemajuan yang pesat.
ayanta painting
Setelah itu, seni lukis terus mengalami perkembangan, seni lukis india biasanya di terapkan di dinding ataupun batu hingga abad ke 18 M.

2. Seni arsitektur India
Abad 20 SM-4 M bangunan di India terbuat dari kayu, namun setelahnya mulai menggunakan batu. Bangunan di India umumnya dipakai sebagai tempat pemujaan (kuil) dan juga tempat tinggal biksu. Arsitektur India mengalami masa keemasan di abad 7-11 M, yang terkenal dengan dekorasinya.
kuil Khajuraho

kuil india
Elemen penting dalam arsitektur India adalah stupa, sikhara, pagoda (meru), dan torana (gerbang), elemen ini kemudian mulai diadaptasi oleh negara-negara di Asia Timur dan Asia Tenggara.

3. Seni patung India
Banyak dibuat dengan bahan logam (perunggu, dsb) serta batu, seni relief juga ikut berkembang sejalan dengan seni patung. Patung-patung dibuat untuk sarana pemujaan.
patung bodhgaya
Di awal masehi, orang India mulai mengenal seni Yunani dan Romawi yang sudah lebih dulu membuat patung manusia yang detail. Sejak itu orang India pun mulai membuat patung dewa dalam figur manusia yang dipahat secara detail.

Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Seni Rupa India, semoga bermanfaat.









Artikel Terkait:

BERLANGGANAN ARTIKEL DI SINI

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

  • SHARE IT

  • TRANSLATE