RSS
Facebook
Twitter

Perkembangan Seni Mozaik

Perkembangan Seni Mozaik -Mozaik adalah seni menciptakan gambar dengan cara menempelkan bagian kecil-kecil batu, kaca, keramik, dsb sehingga membentuk sebuah gambar, yang tentunya sebelum menempelkan sudah dibuat pola di media yang akan ditempeli.

Mozaik Mesopotamia kuno

3000 SM, orang sumeria di Mesopotamia kunp membuat mozaik dengan cara mengatur lempengan tanah liat yang berwarna. Sehingga terbentuk pola gambar yang diinginkan.
Pergamonmuseum Inanna

Mozaik Yunani dan Romawi

Yunani
Orang-orang Yunani menggunakan batuan alam dan kerikil untuk membuat mozaik, sehingga menghasilkan warna alami yang permanen. Pola yang dibentuk biasanya berhubungan dengan dewa dewi Yunani. 
Deer hunt mosaic

Romawi
Rakyat romawi menggunakan semen dan mortar untuk mengisi spasi (sela-sela) di antara keramik-keramik yang ditempel, sehingga lebih tahan lama.
Silchester mosaic

Mozaik Kristen

Awal kristen
Mozaik dipakai sebagai hiasan di dinding serta langit-langit gereja, bisa dilihat di gereja Santa Constanza yang mozaiknya masih mengikuti gaya tradisional, melambangkan transformasi/perubahan. Gereja ini dibangun sekitar abad ke 4 M.
awal kristen

Ravenna
Abad ke 5 M, Ravenna menjadi pusatnya mozaik. Mausoleum (makam) dihias dengan mozaik kualitas tinggi.
justinian

Butrint
Mozaik di tempat ini dibuat dengan tema keindahan alam (ciptaan tuhan), berbagai unsur alam dipola mulai dari laut, burung, kerang, tanaman, dsb.
Butrint mosaic

Mozaik Byzantium
Pada 530 M, gereja-gereja Byzantium banyak dihiasi oleh mozaik. Bahan dasar utama mozaiknya adalah kaca, untuk menghasilkan bermacam warna maka kaca dibakar menggunakan campuran logam.
Apse mosaic SM Maggiore

Roma abad pertengahan
Roma mengembangkan gaya mozaiknya sendiri, berusaha lepas dari gaya tradisional. Mozaik wajah dibuat lebih realistis, basilika Santa Maria adalah contoh terbaik dari periode ini.

Sicily
Negara yang letaknya dekat dengan Italia ini dalam pembuatan mozaiknya mengadopsi gaya eropa barat dan islam.
roman villa mosaic, sicily

Mozaik Islam


Arab
Bentuk-bentuk geometris sangat berpengaruh dalam mozaik gaya arab, kaca merupakan material penting dalam membuat mozaik. Mozaik digunakan untuk menghias masjid, sesuai aturan islam tidak ada bentuk manusia dan hewan, sehingga mozaik hanya membentuk pola tertentu.
Roof hafez tomb

Mozaik Modern

Mozaik di jalanan
Memakai gaya yang sudah berkembang di zaman modern ini, contohnya pola kotak-kotak mozaik meniru grafik video game abad 20 M. Gaya rubikcubism yang juga populer.
Space Invader

Cal├žada Portuguesa
mozaik paving yang diciptakan di Portugal, kebanyakan desainnya adalah bentuk geometris. Menggunakan keramik sebagai material utama, keramik dipola menjadi bentuk sederhana yang modern.

Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Perkembangan Seni Mozaik, semoga bermanfaat.







Artikel Terkait:

BERLANGGANAN ARTIKEL DI SINI

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

  • SHARE IT

  • TRANSLATE