RSS
Facebook
Twitter

Seni Kerajinan Kain Perca

Seni Kerajinan Kain Perca -Pasti sebagian dari kawan Art Energic tahu apa itu kain perca bukan? Kain perca ialah potongan kain-kain bekas yang disusun menjadi bentuk yang baru yang unik, kemudian di lem atau dijahit untuk menyambungkan potongan kain perca.

Sejarah
Kain perca memiliki sejarah yang panjang, bahkan telah ditemukan ribuan tahun yang lalu. Bangsa Cina dan Mesir kuno melapisi baju perangnya yang terbuat dari besi dari kain perca. 

Pada tahun 1100 sampai 1300 kain perca dipakai untuk membuat selimut, baju, dll untuk melindungi tubuh dari dinginnya musim dingin di eropa. 

Setelah abad tersebut, perca mulai menyebar ke seluruh dunia. Mulai terciptalah macam-macam kerajinan dari perca, perca tak ketinggalan mendatangi negeri Indonesia yang kaya akan budayanya. Mulanya pada enggan, namun lama kelamaan kesengsem, ya dahulu itulah yang terjadi saat kain perca tiba di Indonesia. Dan akhirnya, perca berkembang menjadi berbagai macam kerajinan untuk tas, baju, celana, dll.

Bentuk guntingan kerajinan kain perca

1. Bentuk segitiga
Potongan kain dipotong menjadi bentuk segitiga dengan beragam ukuran, potongan kain segitiga banyak dipakain untuk membentuk motif sisik, rumput, dll. Bentuk ini adalah bentuk yang paling sederhana.

2. Bentuk persegi
Ataupun juga bentuk persegi panjang, cocok bagi para pemula. Mengapa? Karena bentuk ini juga sama mudahnya dengan segitiga untuk dipotong, bentuk persegi ini bisa dipakai dalam berbagai motif seperti papan catur, dll.

3. Bentuk geometri lainnya
Selain bentuk persegi dan segitiga, masih banyak lagi bentuk geometri lainnya seperti segi lima, segi enam, dll. Semakin banyak sisinya maka semakin sulit untuk dipotong, contoh bentuk yang diaplikasikan untuk motif adalah segi delapan untuk motif sarang lebah, dll.

4. Bentuk manusia, hewan, dan tumbuhan
Biasanya bentuk ini dipakai sebagai pemanis, tapi banyak juga yang memakai bentuk ini untuk motif utama. Bentuknya yang lucu dan bervariatif membuat banyak orang menyukai bentuk yang satu ini.

Hasil kerajinan kain perca
1. Tas, dibawah ini ada tas jinjing dengan motif burung hantu. Motif paling populer di dunia kain perca.

  
2. Ransel (hint: baca Cara Membuat Ransel dari Kain Perca)

3.  Keset, siapa yang tak pernah tahu keset ini? Keset ini bisa ditemui hampir di semua tempat di Indonesia, keset yang sudah menusantara ini juga terbuat dari kain perca warna warni.
 

4. Kaus, dengan bermacam motif. Contoh yang saya berikan bermotifkan pemandangan.


Bagimana? Tertarik untuk memilik satu untuk di rumah? 

Baca juga: Cara Membuat Ransel dari Kain Perca


Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Seni Kerajinan Kain Perca, semoga bermanfaat.



Artikel Terkait:

BERLANGGANAN ARTIKEL DI SINI

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

  • SHARE IT

  • TRANSLATE