RSS
Facebook
Twitter

Menelusuri Museum Radya Pustaka Surakarta

Menelusuri Museum Radya Pustaka Surakarta -Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan untuk mengunjungi kota Solo atau Surakarta, saya pun menyempatkan diri mengunjungi museum Radya Pustaka dengan ratusan koleksi yang beragam. Mulai dari replika, kesenian tradisional, dll. Mau tahu apa saja yang saya temukan di sana? langsung saja ikuti perjalan saya kali ini,


bagian depan museum radya pustaka surakarta

Sewaktu memasuki area museum, langsung terpampang tulisan "Museum Radya Pustaka Surakarta" dan sebuah tugu di depan museum dengan arsitekur khas yang mirip dengan bentuk kraton Solo. Kondisi taman mungil di depan museum itu sangat memprihatinkan, banyak sampah bertebaran mulai dari gelas bekas, daun-daunan, dll. Mungkin fasilitas tempat sampah dan cleaning service masih kurang di sini.

tugu museum radya pustaka surakarta

Kemudian saya membayar tiket masuk seharga 5000, cukup murah memang. Loket nya pun sangat sederhana, tapi tak apalah. Di depan museum berjejer patung-patung dewa, senjata, dll.
 
bagian depan museum radya pustaka surakarta

Di ruangan depan dipajang koleksi wayang kulit dari masa ke masa, patung, meja kursi antik, dll. Di ruangan ini bentuknya melebar, dan kondisinya terang karena memang berada di awal (ada pintu tempat lewatnya cahaya).

ruang koleksi wayang dan furnitur antik museum radya pustaka surakarta

Kemudian saya menyusuri lorong, di sepanjang lorong ada beberapa pintu menuju ruangan lain seperti ruang perpustakaan, ruang keramik, dll. 

ruang koleksi keramik museum radya pustaka surakarta 
Di ujung lorong, saya menemui sebuah ruang tengah yang besar. Di ruang ini ada banyak sekali koleksi benda-benda antik peninggalan keraton Solo seperti baju kebesaran, patung, gamelan, dll. 

ruang tengah museum radya pustaka surakarta
Saya pun lanjut ke bagian ujung dari museum, di ujung museum Radya Pustaka terdapat beberapa koleksi seperti patung dan replika. 

replika di bagian belakang museum radya pustaka surakarta

Setelah itupun saya langsung meninggalkan salah satu museum kebanggan warga Solo ini, dari kunjungan pertama kali ini saya bisa menarik beberapa kesimpulan. Museum ini punya ratusan koleksi yang mengagumkan dan arsitektur museumnya juga khas keraton Solo. Perawatan museum yang tepat akan membuat lebih banyak lagi pengunjung yang datang, seperti kebersihan, pencahayaan, penataan ruang, dll. Mungkin jika saya bisa, saya ingin lagi ke sana, siapa tahu semuanya sudah berubah menjadi lebih baik.

Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Menelusuri Museum Radya Pustaka Surakarta, semoga bermanfaat.



Artikel Terkait:

BERLANGGANAN ARTIKEL DI SINI

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

  • TRANSLATE