RSS
Facebook
Twitter

Sejarah Singkat Seni Melipat Kertas

Sejarah Singkat Seni Melipat Kertas -Seni melipat kertas atau sering disebut origami, terkenal berasal dari Jepang. Origami berasal dari bahasa jepang, yaitu "ori" berarti lipat dan "gami" berarti kertas, kesenian tradisional ini berkembang di abad 1 M di Tiongkok/Cina.

Kertas untuk melipat dipakai dari potongan tumbuhan dan kain berkualitas rendah, bentuk origami awal Tiongkok yaitu berupa kotak dan tongkak. Di abad 6 M, orang-orang Arab memperkenalkan cara membuat kertas ke Spanyol. Lalu ada biksu Doncho asal Korea yang datang ke Jepang untuk memperkenalkan kertas tinta.

Di zaman muromachi dan edo, kesenian ini mulai berkembang, namun penggunaannya hanya untuk kegiatan upacara adat seperti noshi, dikarenakan harga kertas yang mahal. Di samping itu, origami mulai menyebar ke Eropa barat.

origami bangau

origami pajarita

Akira Yoshizawa memperkenalkan model baru dalam membuat origami, yang mengubah gaya origami hingga kini. Dahulu model origami masih sangat terbatas seperti bentuk bangau (Jepang) dan pajarita (Spanyol). Ia membuat diagram atau langkah-langkah membuat origami ala Akira, yang sampai kini diagram ini masih populer di masyarakat.

 Ini adalah contoh diagram yang mudah
diagram origami

Ini adalah contoh diagram yang sulit
diagram origami

Bagaimana? Menarik bukan seni melipat ini? Semoga bisa membantu kalian semua.

Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Sejarah Singkat Seni Melipat Kertas, semoga bermanfaat.



Artikel Terkait:

BERLANGGANAN ARTIKEL DI SINI

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

  • TRANSLATE