RSS
Facebook
Twitter

Wayang Dari Seluruh Dunia

Wayang Dari Seluruh Dunia -Jika kita mencoba untuk mengetikkan "wayang" di google, maka yang akan kita temui adalah wayang kulit dan wayang golek. Namun, tahukah anda bahwa hampir tiap negara memiliki "wayang"nya sendiri, berikut adalah macam-macam wayang dari berbagai negara di dunia ini:

1. Wayang bunraku
Dibuat di jepang, berbahan dasar kayu. Bunkraku tradisional biasanya membutuhkan hingga 3 orang dalang untuk memainkan wayang ini.
Wayang bunraku

2. Wayang karnival
Yang satu ini bentuknya sangat besar, yaitu wayang karnival. Wayang ini biasa digunakan saat ada parade, ukurannya yang besar membutuhkan banyak dalang untuk menggerakkannya.
Wayang karnival

3. Wayang jari
Wayang ini dimainkan dengan menggunakan jari, satu wayang digerakkan dengan satu jari. Wayang ini adalah yang paling sederhana, biasa dipakai di kalangan balita untuk kegiatan pembelajaran.
Wayang jari

4. Wayang kaus kaki
Bisa ditebak bahwa yang satu ini terbuat dari kaus kaki, dengan hanya menambahkan mata maka jadilah wayang ini. Cara memainkannya adalah dengan memasukkan tangan ke kaus kaki lalu buka tutup telapak tangan anda, seolah-olah tangan anda adalah mulutnya.
Wayang kaus kaki

5. Wayang tangan
Model memainkannya hampir sama dengan wayang kaus kaki, hanya saja wayang berbentuk macam-macam dan tidak hanya mulut yang bisa digerakkan, namun juga tangan-tangannya. Biasanya untuk memainkannya ada sebuah panggung kecil tempat mementaskannya.
Wayang tangan

6. Wayang lengan
Sama dengan wayang tangan, hanya saja wayang ini lebih besar dari wayang tangan. Butuh hingga 2 dalang untuk memainkannya, dalang pertama memainkan bagian kepala, sedang dalang yang satunya memainkan bagian tangan.
Wayang lengan

7. Wayang marionette
Cara memainkannya adalah dengan menggunakan benang, benang ini menghubungkan antara anggota tubuh boneka dengan pengontrol. Si dalang memainkannya dari atas, sehingga wayang ini terlihat seperti menggantung.
Wayang marionette

8. Wayang rod
Ternyata wayang golek tidak hanya ada di Indonesia, tapi juga di negara lain. Namun hanya modelnya yang bisa menjadi pembeda. Untuk cara memainkannya sama persis.
Wayang rod

9. Wayang bayangan
Dipentaskan di balik layar, pemirsa hanya bisa melihat bayangan pertunjukkan si wayang. Contoh dari wayang bayangan ini adalah wayang kulit.
Wayang bayangan

10. Wayang air
Berasal dari Vietnam, wayang yang satu ini dimainkan di sebuah kolam. Dimainkan dengan cara menggerakkan bambu di dalam air tempat si wayang melekat, sehingga wayang-wayang itu bisa bergerak. Umumnya menceritakan cerita rakyat.
Wayang air

Selain wayang-wayang di atas, masih banyak lagi wayang yang tersebar di dunia ini. 

Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Wayang Dari Seluruh Dunia, semoga bermanfaat.



Artikel Terkait:

BERLANGGANAN ARTIKEL DI SINI

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

  • TRANSLATE