Pages

Unsur Dasar Logo

Unsur Dasar Logo -Dalam membuat logo, kita pasti akan kebingungan bila tidak bisa memakai aplikasi canggih pembuat logo seperti coreldraw. Akan tetapi hal dasar dalam membuat logo adalah bukan dari seberapa pintar kita bisa menggunakan coreldraw, tetapi seberapa pintar kita bisa menggabungkan unsur-unsur dasar dalam membuat logo. Berikut adalah 3 unsur dasar logo:

Arah garis
Arah garis, contohnya adalah dalam membuat tulisan. Tulisan itu mendatar (horisontal), tegak (vertikal), atau miring (diagonal). Arah tulisan harus dipilih dengan cermat karena tiap arah garis memiliki makna yang berbeda-beda.

Garis mendatar
Bersifat tenang/tentram, pasif, rasional, negatif/minus, formal, basis/dasar, dsb.
logo dengan tulisan mendatar

Garis tegak 
Bersifat tinggi, agung, aktif, tunggal, kekuatan, megah, dsb.
logo clif bar

Garis miring
Bersifat dinamis, mengarah, informal, bergerak, tidak stabil, larangan, dsb.
logo kampaweb

Bentuk dasar
Pengertiannya adalah logo yang akan dibentuk berbentuk apa, lingkarang, segi empat, atau segitiga. Sama seperti arah garis, bentuk dasar juga memiliki sifat.

Segi tiga
Bersifat kokoh, stabil, diam, megah, teguh, harapan, dsb.
logo toblerone

Lingkaran
Bersifat dinamis, berulang, bergerak, tak terputus, abadi, sempurna, dsb.
logo wikimedia

Segi empat
Bersifat stabil, kokoh, diam, formal, kejujuran, dapat diandalkan, dsb.
logo blogger

Warna
Pemilihan warna juga sangat berpengaruh, karena dalam ilmu psikologis warna juga menentukan kepribadian seseorang. Jadi bisa dikatakan logo adalah sama seperti manusia dan bersifat mewakili ciri khas perusahaannya.

Abu-abu
Bersifat keamanan, rendah hati, rasa hormat, bijaksana, netral, berkesinambungan, dsb.

Putih
Bersifat suci, tidak kreatif, bersih, kebenaran, takut, simpel, dsb.

Hitam
Bersifat klasik, baru, depresi, pemberontakan, misteri, kaya, dsb.

Merah
Bersifat perayaan, nasib baik, tulus, gairah, gembira, cepat, dsb.

Biru
Bersifat damai, kesatuan, harmoni, percaya, sejuk, bijaksana, dsb.

Hijau
Bersifat kecerdasan tinggi, alam, giat, murah hati, cemburu, sakit, dsb.

Kuning
Bersifat gembira, bahagia, optimis, pengecut, persahabatan, feminim, dsb.

Ungu
Bersifat iri, bangsawan, spiritual, kreativitas, berlebihan, tidak senonoh, dsb.

Jingga
Bersifat kebahagiaan, panas, antusiasme, emosi berlebih, peringatan, hasrat, dsb.

Cokelat
Bersifat tenang, berani, tradisi, bosan, tidak sopan, berat, dsb.

Pink
Bersifat rasa syukur, penghargaan, kagum, simpati, feminim, cinta, dsb. 

*Artikel ini dibuat bukan untuk kepentingan komersial, tetapi bertujuan untuk sarana edukasi.

Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Unsur Dasar Logo, semoga bermanfaat.